Laman

Senin, 02 April 2012

Berbicara



MAKUL BERBICARA

JENIS BICARA :
1.      NGGOSIP
a.)     DEFINISI
Isu adalah ucapan atau berita yang saling diceritakan oleh banyak orang karena faktor ketidak tahuan atau dengan tujuan menimbulkan kekacauan dan rasa takut tanpa memperhatikan benar tidaknya ucapan atau berita tersebut
b.)    CARA PENYAMPAIAN

2.      NGOBROL
a.)    DEFINISI
bercakap-cakap atau berbincang-bincang secara santai tanpa pokok pembicaraan tertentu
b.)     CARA PENYAMPAIAN

3.      BINCANG-BINCANG
a.)    DEFINISI
berbicara membicarakan sesuatu; berkonsultasi, berdiskusi, membicarakan hal tertentu
b.)    CARA PENYAMPAIAN
4.      PAPARAN
a.)   DEFINISI
 hasil memapar; yg dipaparkan; keterangan atau penjelasan yg dibentangkan; uraian;
b.)   CARA PENYAMPAIAN

5.      CERAMAH
a.)   pidato oleh seseorang di hadapan banyak pendengar, mengenai suatu hal, pengetahuan, dsb:
b.)   CARA PENYAMPAIAN
Prosedur yang harus diperhatikan dalam mengunakan metode ceramah adalah:
1.      Memperkenalkan topik ceramah.
2.      Membuka ceramah dengan memperkenalkan bahan pengait.
3.      Sebutkan tujuan pembelajaran secara singkat tetapi jelas bagi siswa.
4.      Sebutkan garis besar materi ceramah dalam bentuk ide-ide pokok, atau topik inti.
5.      Ceramahkan topik inti secara berurutan mulai pertama dan selanjutnya dengan selalu mengaitkan dengan bahan pengait yang relevan. Jelaskan rincian masing-masing materi dengan disertai contoh dan ilustrasi dan alat bantu untuk topik-topik yang memerlukan.
6.      Susunlah rangkuman atau ringkasan tiap-tiap sajian topik inti dan jangan lupa pertanyaan atau kesempatan bertanya untuk siswa sebagai masuka guru.
7.      Gunakan teknik membuka yang tiap-tiap akan memulai topik inti baru, dan diakhiri dengan rangkuman atau pertanyaan.
8.      Rangkuman menyeluruh setelah di akhiri ceramah sangat diperlukan untuk membulatkan pemahaman anak terhadap bahan ceramah secara menyeluruh.


6.      ORASI
a.)    sebuah pidato formal, atau komunikasi oral formal yang disampaikan kepada khalayak ramai.
b.)    CARA PENYAMPAIAN
c.)   Cara penyampaian, berbentuk ceramah. Cara ini bersifat memberi informasi secara interaktif kepada peserta.
d.)   Pelaksanaan orasi memakan waktu kurang lebih 3 jam. Jangka waktu masih relatif pendek mengingat peserta orasi bukanlah kaum intelek, namun masyarakat yang awam dan mungkin belum pernah mengikuti kegiatan serupa.
e.)   Nara sumber adalah sosok yang komunikatif dan praktis.
f.)    Inti acara adalah pada sesi tanya jawab, karena sesi ini sangat tepat untuk memberikan informasi yang praktis dan efektif.
g.)   Dalam pelaksanaannya melibatkan warga setempat sebagai panitia.
h.)   Kegiatan orasi diadakan setiap tiga bulan dalam setahun, yaitu : Januari, Juni dan Oktober.
i.)     Pelaksanaan kegiatan bekerja sama dengan pihak ketiga.

7.      KHUTBAH
a.)   sebuah presentasi atau pidato yang biasanya berhubungan dengan agama atau dengan moral.
b.)   CARA PENYAMPAIAN
1.       Nabi Sallallahu ‘Alaihi Wasallam menghadapkan wajahnya kepada jam’ah kemudian member salam.
2.      2. Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam tidak tergesa-dalam dan teratur dalam khutbahnya.
3.      3. Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menjiwai khutbahnya
8.      TANYA JAWAB
Metode Tanya jawab adalah penyampaian pesan pengajaran dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan siswa memberikan jawaban atau sebaliknya siswa diberi kesempatan bertanya dan guru menjawab pertanyaan-pertanyaa[1].
Metode Tanya jawab adalah suatu metode dalam pendidikan dan pengajaran dimana guru bertanya dan murid-murid menjawab bahan materi yang diperolehnya[2].

a.)    CARA PENYAMPAIAN
1. The Mixe Strategy yakni mengkombinasikan berbagai tipe dan jenis pertanyaan.
2. The Speaks Strategy yakni menggunakan pertanyaan yang saling bertalian satu sama lain.
3. The Pleteaus Strategy yakni mengajukan pertanyaan yang sama jenisnya terhadap sejumlah siswa sebelum beralih kepada jenis pertanyaan yang lain.
4. The Inductive Strategy yakni dengan berbagai pertanyaan siswa didorong untuk menarik generalisasi dari hal-hal khusus ke hal-hal yang umum atau berbagai fakta menuju hukum-hukum.
5. The Deductive Strategy yakni Generalisasi yang dijadikan sebagai titik tolak, siswa diharapkan dapat menyatakan pendapatnya tentang berbagai kasus atau data yang ditanyakan.

9.      WAWANCARA
a.)   percakapan antara dua orang atau lebih dan berlangsung antara narasumber dan pewawancara. Tujuan dari wawancara adalah untuk mendapatkan informasi di mana sang pewawancara melontarkan pertanyaan-pertanyaan untuk dijawab oleh orang yang diwawancarai.
b.)   CARA PENYAMPAIAN

10.  DISKUSI
a.)    sebuah interaksi komunikasi antara dua orang atau lebih/kelompok. Biasanya komunikasi antara mereka/kelompok tersebut berupa salah satuilmu atau pengetahuan dasar yang akhirnya akan memberikan rasa pemahaman yang baik dan benar. Diskusi bisa berupa apa saja yang awalnya disebut topik. Dari topik inilah diskusi berkembang dan diperbincangkan yang pada akhirnya akan menghasilkan suatu pemahaman dari topik tersebut.
b.)    CARA PENYAMPAIAN

11.  DEBAT
a.)    pembahasan dan pertukaran pendapat mengenai suatu hal dng saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing atau kegiatan adu argumentasi antara dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok, dalam mendiskusikan dan memutuskan masalah dan perbedaan.
b.)    CARA PENYAMPAIAN


JENIS TEMU WICARA
1.      NGERUMPI
a.)     mengobrol sambil bergunjing dng teman, biasanya dl kelompok kecil
b.)    CARA PENYAMPAIAN

2.      TALK SHOW
a.)    Gelar wicara adalah suatu jenis acara televisi atau radio yang berupa perbincangan atau diskusi seorang atau sekelompok orang "tamu" tentang suatu topik tertentu (atau beragam topik) dengan dipandu oleh pemandu gelar wicara. Tamu dalam suatu gelar wicara biasanya terdiri dari orang-orang yang telah mempelajari atau memiliki pengalaman luas yang terkait dengan isu yang sedang diperbincangkan. Suatu gelar wicara bisa dibawakan dengan gaya formal maupun santai dan kadang dapat menerima telepon berupa pertanyaan atau tanggapan dari pemirsa atau orang di luar studio.
b.)    CARA PENYAMPAIAN

3.      SARASEHAN/SIMPOSIUM
a.)    Pertemuan yang diselenggarakan untuk mendengarkan pendapat prasaran para ahli mengenai suatu hal/masalah dalam bidang tertentu
b.)    CARA PENYAMPAIAN

4.      JUMPA PERS
Konferensi pers adalah acara khusus yang dibuat sebagai sarana untuk mengumumkan, menjelaskan, mempertahankan atau mempromosikan kebijaksanaan dengan maksud untuk mengukuhkan pengertian dan penerimaan publik pada pihak pemrakarsa acara.
Tujuan utama konferensi pers adalah untuk mewujudkan keinginan pemrakarsa untuk menyampaikan pernyataan atau informasi oleh organisasi atau individu dengan mengundang media massa agar datang dan meliput dengan harapan berita akan disiarkan seluas-luasnya. Publikasi informasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan khalayak sasaran.
Informasi yang disampaikan pada konferensi pers biasanya meliputi:
Menyampaikan kinerja perusahaan
Untuk membantah isu atau berita miring

5.      SEMINAR
a.)    Pertemuan para pakar yang berusaha mendapatkan kata sepakat mengenai suatu hal’
b.)    CARA PENYAMPAIAN

6.      KULIAH
a.)    Kuliah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia mempunyai arti "pelajaran yang diberikan" atau "ceramah". Namun pada umumnya kata "kuliah" dikaitkan dengan perguruan tinggi atau pendidikan tinggi yang sering diartikan sebagai proses belajar atau proses pembelajaran.
b.)    CARA PENYAMPAIAN

7.      KONFERENSI
a.)    rapat atau pertemuan untuk berunding atau bertukar pendapat mengenai suatu masalah yg dihadapi bersama; permusyawaratan; muktamar:
b.)    CARA PENYAMPAIAN

8.      KONVENSI
a.)    permufakatan atau kesepakatan (terutama mengenai adat, tradisi, dsb)
b.)    CARA PENYAMPAIAN

9.      KOLOKIUM
a.)    pertemuan keahlian; seminar; atau kegiatan belajar (pd tataran pendidikan sarjana) yg dilakukan dl bentuk seminar untuk membahas proyek penelitian bertaraf lanjutan
b.)    CARA PENYAMPAIAN

10.  SEMILOKA
a.)
b.) CARA PENYAMPAIAN

11.  LOKAKARYA/SANGGAR KERJA
a.)    pertemuan antara para ahli (pakar) untuk membahas masalah praktis atau yg bersangkutan dng pelaksanaan dl bidang keahliannya atau pertemuan yang membahas suatu karya.
b.)    CARA PENYAMPAIAN


12.  SIDANG
a.)    pertemuan untuk membicarakan sesuatu; rapat:
b.)    CARA PENYAMPAIAN

13.  KAMPANYE
a.)    sebuah tindakan yang bertujuan mendapatkan pencapaian dukungan, usaha kampanye bisa dilakukan oleh peorangan atau sekelompok orang yang terorganisir untuk melakukan pencapaian suatu proses pengambilan keputusan di dalam suatu kelompok,
b.)    CARA PENYAMPAIAN

14.  PENGAJIAN
a.) Ada juga yang mengatakan pengajian berasal dari kata kaji
berarti pelajaran (baca, agama) kata yang mendapat awalan pe dan
akhiran an. Sehingga bermakna ajaran dan pengajaran.
Secara terminologi pengajian adalah wahana pembelajaran yang
sudah menjadi tradisi khas dalam kehidupan kaum muslimin. Bisaanya
mereka bersama -sama mengkaji danm mendialogkan berbagai tema
dan  topik bahasan khususnya dari bidang keagamaan model ini
berdaya persisi tertinggi, dan dalam tingkatan atau lapisan masyarakat
(sosiologis) muslim
b.) CARA PENYAMPAIAN

a. Tujuan yang hendak dicapai
b. Situasi dan kondisi lingkungan maupun jamaahnya
c. Fasilitas yang dimiliki dalam pelaksanaan pengajian
d. Pribadi yang potensial yang dimiliki oleh pengasuh pengajian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar